Akmal Taher

Written By maura avel on Sunday, November 18, 2012 | 7:08:00 PM

Lahir     27 Juli 1955 (umur 57)
Indonesia Jakarta, Indonesia
Kebangsaan     Indonesia
Pekerjaan     Dirut RSCM, Jakarta.
Ketua Ikatan Ahli Urologi Indonesia.
Orang tua     Taher dan Rosnalia
Akmal Taher (lahir di Jakarta, Indonesia, 27 Juli 1955; umur 57 tahun) adalah seorang dokter ahli bedah asal Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai direktur utama Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta dan Ketua Ikatan Ahli Urologi Indonesia. Akmal merupakan pemilik hak paten use of inhibitor of phosphodiesterase IV di Jerman, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang.
Kehidupan
Akmal Taher lahir dari pasangan Taher dan Rosnalia yang berasal dari Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat.[1] Ia menyelesaikan pendidikan menengahnya di Kolese Kanisius, Jakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan lulus sebagai Urolog pada tahun 1988.
Akmal menjadi research fellow di Hannover Medical School and Institute for Peptide Research, Hannover, Jerman (1990-1992). Gelar Doktor Medikus dan PhD diraihnya dari institusi tersebut pada tahun 1993, serta gelar Doktor diperoleh dari FKUI pada tahun yang sama.
Pada tahun 2004 ia memperoleh penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun. Dan dua tahun kemudian ia dikukuhkan sebagai guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.[2]

0 comments:

Post a Comment