Home » » keunikan transportasi indonesia

keunikan transportasi indonesia

Written By maura avel on Tuesday, December 4, 2012 | 7:02:00 AM

 1. Delman
Transportasi pertama yang unik dan bisa Anda temukan di Indonesia adalah delman. Ini adalah kereta kuda yang bisa Anda temukan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Yogyakarta, Kuningan, Padang dan Magelang.Umumnya delman memiliki roda dua yang terbuat dari kayu. Bentuknya memang mirip dengan kereta kencana atau kereta kuda lain. Yang membedakan adalah kursi penumpang delman berhadapan dengan jarak yang sangat dekat. Selain itu, kursi penumpang juga dibiarkan terbuka tanpa jendela, hanya beratapkan terpal. Uniknya, meskipun memiliki
bentuk yang sama, delman di setiap daerah memiliki nama yang berbeda, seperti delman untuk sebutan di Yogyakarta dan bendi di wilayah Sumatera Barat.
2. Cidomo
Nah, ini dia alat transportasi di Lombok yang hampir sama dengan delman, sama-sama menggunakan tenaga kuda. Bila dilihat sepintas, Anda tentu akan mengira ini adalah delman. Tapi coba amati lebih detil. Cidomo yang ada di Lombok memiliki roda ban mobil, bukan ban kayu seperti yang ada di delman.
Tidak hanya roda, perbedaan antara cidomo dan delman juga terlihat dari tempat duduk penumpang. Delman terbuat dari kayu dengan bentuk yang cenderung seperti kotak. Kalau cidomo, bentuknya cenderung dibuat menyerupai mobil atau kereta kencana. Jarak kursi antar penumpang juga lebih lega dibandingkan delman atau bendi.
3. Klotok
Selain transportasi darat, Indonesia juga memiliki alat transportasi khas di sungai. Klotok hampir sama dengan perahu, yaitu salah satu alat tansportasi air. Biasanya, klotok digunakan untuk menyeberang sungai. Bentuknya mirip seperti kapal laut mini. Dinamakan klotok karena mesin penggerak perahu ini mengeluarkan bunyi "tok tok tok".
Klotok memiliki dua tempat yang bisa dinaiki penumpang, yaitu bagian bawah dan atap. Bagian bawah merupakan ruang penumpang yang sebenarnya. Di sini ada kursi dengan posisi berhadapan dengan atap sebagai pelindung dari cahaya matahari. Nah, tempat kedua yang juga bisa ditempati penumpang adalah bagian atap. Sebenarnya ini bukan tempat duduk penumpang, tetapi jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih luas, bisa duduk di atap. Penasaran mau mencoba? Moda transportasi model ini bisa Anda temukan di wilayah Kalimantan.
4. Becak
Becak adalah moda transportasi roda tiga yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Umumnya becak muat ditumpangi oleh 2 orang. Kendaraan ini digerakkan dengan bantuan tenaga manusia, seperti sepeda. Di becak, penumpang berada di depan dengan pengemudi mengayuh sepada di bagian belakang.
Di Indonesia, kota yang banyak ditemukan becak adalah di Yogyakarta. Di sana, Anda bisa berkeliling kota menggunakan becak. Saat menaiki becak, angin sepoi-sepoi akan menemani perjalanan Anda. Selain Indonesia, ada juga beberapa negara lain yang memiliki alat transportasi serupa, seperti yang ada di China atau India. Bedanya, di sana pengayuh becak duduk di depan.ane lumayan bangga tinggal di Indonesia. Terutama di jogja, karena di kota ini ada becaknya.kalau ente perhatiin,becak adalah salah satu transportasi yang "body"nya paling awet coba motor, kalo kecelakaan, bodynya rusak kan? mobil? sama juga!
becak? boro boro rusak, jatoh aja belum tentu.tapi kelemahan becak berada pada "mesin"nya yah, maklumi aja "mesin" becak rata rata udah ga "lolos uji emisi"
gan. karna saya orang batak. saya harus bangga dengan angkot.
coba bayangin, mobil Sport, pintunya 2, harganya milyaran. city Car, pintunya 4 harganya ratusan juta.
city Car kalah ama angkot!
angkot lebih mendekati mobil Sport dalam hal "pintu".
nah, buat ente ente yang pengen mobil Sport, tapi bajet minim.
beli angkot seken aja, dengan harga 20jtan udah dapet "sensasi" yang hampir sama dgn mobil Sport
angkot juga lumayan canggih gan, ga perlu AC ente udah bisa masuk angin!
bayangin, jendela ada 8! siapa yang nggak masuk angin coba
5. Bentor
Satu lagi angkutan umum unik di Indonesia, bentor namanya. Bentor menjadi transportasi yang unik di beberapa wilayah, seperti Tidore, Halmahera, dan beberapa wilayah di Sumatera . Bentuknya seperti becak, namun bertenaga sepeda motor, makanya disebut bentor alias becak motor. Transportasi ini adalah perpaduan antara sepeda motor dan becak. Bentuknya memang persis becak-becak yang sering Anda lihat.
Saat naik Bentor, Anda serasa sedang naik becak. Akan tetapi, suara motor terdengar jelas saat Anda menaikinya. Bentor dapat memuat 2 penumpang dan juga memberi rasa nyaman. Anda akan terlindung dari panas dan juga hujan.
[Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/04/24/120241/1900018/1025/5/ini-dia-5-alat-transportasi-khas-indonesia#topart]

1 comments:

  1. Makasih udah share sob, blog yang bermanfaat ........................


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete